Cara Belajar Grammar

Cara Belajar Grammar Bahasa Inggris

Saat mempelajari bahasa inggris, Anda dituntut untuk menguasai tidak hanya kemampuan speaking, melainkan juga kemampuan writing atau menulis. Untuk dapat menguasai kemampuan menulis dalam bahasa Inggris, Anda dituntut untuk dapat menguasai grammar atau tata bahasa.

Menurut pengertiannya, grammar adalah aturan-aturan struktur gramatikal bahasa Inggris, atau secara sederhana disebut sebagai tata bahasa. Bagi sebagian orang, grammar bahasa Inggris merupakan momok yang menakutkan untuk dipelajari dan harus menghafal 16 tenses yang memusingkan. Untuk itu, kami akan mengulas beberapa rekomendasi cara belajar grammar bahasa inggris yang efektif, simak ulasannya di bawah ini:

Cara Belajar Grammar Bahasa Inggris yang Efektif

1. Pahami Part of Speech

Saat belajar bahasa Inggris, mungkin ada sebagian dari Anda menghafalkan banyak kosakata ketika melatih kemampuan berbicara bahasa Inggris. Ketika Anda ingin fokus belajar grammar, maka hal yang harus Anda lakukan adalah mempelajari Part of Speech atau yang dalam bahasa Indonesianya disebut sebagai kelas kata.

Setiap kata dalam bahasa Inggris dikelompokkan dalam kelas-kelas kata yang sesuai dengan peruntukan dan aturan penggunaannya. Memahami Part of Speech akan langkah pertama belajar grammar bahasa Inggris, dan di bawah ini adalah daftar Part Of Speech yang harus Anda pahami:

  • Noun (kata benda), merupakan kelas kata untuk manusia, tempat atau benda, contoh: Julia, Harvard University, iPhone, School.
  • Pronoun (kata ganti), Pronoun merupakan kata ganti yang digunakan untuk menggantikan kata benda dalam kalimat bahasa inggris, contoh: He, She, It, His, Her, Myself, Herself, Himself.
  • Adjective (kata sifat), merupakan kata yang digunakan untuk memberikan makna tambahan pada Noun atau Pronoun, contoh: Beautiful Girl, Prestigious University, Black Smartphone.
  • Article, merupakan kata sifat khusus yang digunakan untuk mendeskripsikan kata benda jelas dan tidak jelas, contoh: A Book, An Honour, The Book.
  • Verb (kata kerja), merupakan kata kerja yang digunakan untuk mendeskripsikan suatu aktifitas, swim, jump, sit.
  • Adverb (kata keterangan), digunakan untuk memberikan makna tambahan atau memodifikasi kata kerja, kata sifat dan kata keterangan lainnya, contoh: Jump High, Run Fast, So Beautiful.
  • Conjunction (kata sambung), digunakan untuk menghubungan dua kalimat dalam bahasa Inggris.
  • Preposition (kata depan), digunakan untuk menunjukan posisi atau arah, contoh: In, On, At.
  • Interjection (kata seru), kata yang menunjukan emosi, contoh: Wow!, Ouuch!, Yay!

Jika Anda mengetahui dan mengenali pengelompokan kata berdasarkan kelas katanya maka akan sangat memudahkan Anda dalam membentuk kalimat bahasa Inggris sesuatu aturan tiap-tiap tenses.

2. Pelajari Phrase

Mengutip BahasaInggris.PRO, phrase adalah rangkaian kata yang berdiri sebagai suatu kesatuan yang memberikan makna tambahan kepada kalimat dalam bahasa Inggris. Berbeda dengan kalimat, phrase tidak mengandung subjek, verb dan predikat. Pola daripada Phrase adalah sebagai berikut:

Head —> Modifier <— Head

Sama seperti part of speech, phrase dalam bahasa inggris terbagi menjadi delapan jenis yang harus Anda pahami aturan penggunaan dan fungsinya dalam sebuah kalimat,ke-delapan phrase tersebut adalah sebagai berikut:

  • Noun Phrase
  • Adjective Phrase
  • Verb Phrase
  • Adverb Phrase
  • Prepositional Phrase
  • Exclamatory Phrase
  • Gerund Phrase
  • To Infinitve Phrase

3. Pelajari Clause

Setelah Anda memahami aturan penggunaan Phrase, maka langkah selanjutnya adalah mempelajari tentang Clause atau klausa dalam bahasa Indonesia. Clause adalah rangkaian kata yang memiliki pola Subjek + Predikat yang terbagi menjadi dua, yakni Main Clause yang dapat berdiri sendiri dan menjadi kalimat dan Sub Clause yang tidak dapat berdiri sendiri untuk menjadi sebuah kalimat.

Khusus untuk Sub Clause, dalam penerapannya dalam kalimat dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yakni:

  • Adjective Clause
  • Noun Clause
  • Adverbial Clause

4. Pahami Struktur Kalimat

Setelah mempelajari dan memahami aturan penggunaan ketiga komponen bahasa Inggris di atas, kini selanjutnya Anda mempelajari struktur kalimat yang ada dalam bahasa Inggris. Sebagai informasi terdapat 16 tenses bahasa Inggris yang harus Anda kuasai yang masing-masing terbagi dalam 4 kelompok yakni Present Tense, Past Tense, Future Tense dan Perfect Tense.

Pemahamaan akan struktur kalimat merupakan hal fundamental dalam belajar Grammar bahasa Inggris. Jika Anda paham peran masing-masing tenses akan lebih mudah mengaplikasikannya dalam percakapan maupun tulisan, hal ini dikarenakan formula tiap-tiap tenses akan menuntun Anda menyusun kalimat sesuai dengan keterangan waktu dan kondisi yang sedang Anda bicarakan.

Kalimat dalam bahasa Inggris terbagi berdasarkan Predikat yang terdiri dari Kalimat Verbal dan Kalimat Nominal dan berdasarkan Jumlah dan Penyusun Klausa, yang memiliki terbagi menjadi empat jenis lagi yakni: Simple Sentence, Compound Sentence, Complex Sentence, dan Compound-Complex Sentence.

Demikian pembahasan mengenai cara belajar grammar bahasa inggris yang efektif, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam proses belajar grammar.

Add Comment