Backpacker ke Korea

Jika Anda memiliki impian berlibur ke Korea tetapi terkendala budget yang terbatas, tak perlu khawatir. Anda masih bisa liburan ke Korea dengan budget terbatas ala backpacker. Dengan berlibur ala backpacker ke Korea, Anda tetap bisa menikmati berbagai destinasi wisata terbaik hingga mencicipi aneka kuliner khas Korea tanpa menguras kantong.

Selain hemat, liburan ke Korea ala backpacker juga membuat Anda bebas menentukan sendiri destinasi wisata yang ingin dikunjungi beserta jadwalnya. Bagi pemula yang belum pernah berlibur ke Korea, mungkin merasa bingung apa saja yang perlu dipersiapkan untuk backpacker. Sebagai solusinya Kontributor rutemu akan memberikan sedikit ulasan mengenai hal tersebut, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Tips Hemat Backpacker ke Korea

  1. Cari Promo Tiket Pesawat ke Korea

Anda bisa memperoleh tiket pesawat ke Korea harga murah dengan rajin mengecek situs booking tiket atau maskapai. Promo tiket murah biasanya bisa juga ditemukan pada acara Travel Fair di kota Anda. Untuk backpacker sebaiknya pilih tiket kelas ekonomi sehingga dengan budget 4 jutaan saja Anda bisa memperoleh tiket pulang-pergi. Agar harga tiket semakin murah, belilah tiket pesawat jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan dan pilih perjalanan di luar peak season.

  1. Persiapkan Dokumen Visa

Berlibur ke Korea mewajibkan Anda membawa visa yang harus dipersiapkan sebelum keberangkatan. Pengurusan visa ke Korea dilakukan dengan mempersiapkan dokumen pengajuan ke Kedutaan Besar di Jakarta. Formulir pengajuan visa bisa diunduh dan lengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan termasuk bukti keuangan dari bank 3 bulan terakhir. Jika semua dokumen persyaratan sudah Anda lengkapi, silahkan ajukan dokumen tersebut ke Kedutaan Besar Korea. Biaya penerbitan visa pribadi biasanya sebesar Rp 550.000 serta proses penerbitannya membutuhkan waktu 6 hari kerja.

  1. Pilih Penginapan Murah

Carilah penginapan harga ekonomis yang berlokasi dengan tempat wisata agar menghemat biaya transportasi selama backpacker. Penginapan tipe dormitory banyak direkomendasikan bagi backpacker yang ingin berlibur ke Korea. Meski ditawarkan dengan harga terjangkau, kebanyakan penginapan di Korea tetap mengutamakan kenyamanan serta kebersihan.

  1. Membuat Jadwal Perjalanan

Anda sebaiknya membuat susunan perjalanan secara matang agar saat tiba di Korea tidak kebingungan menentukan perjalanan liburan. Korea memiliki banyak tempat wisata gratis yang dapat Anda kunjungi selama backpacker, seperti Bucheon Hanok Village, Gwanghwamun Square, Sungai Han dan lain-lain. Selain menyusun destinasi, buatlah rencana transportasi selama di Korea baik menggunakan subway atau bus. Belilah T-Money yang sering dipakai oleh wisatawan di Korea atau bisa juga dengan jalan kaki untuk destinasi yang cukup dekat.

  1. Menyewa Wifi

Pastikan Anda selalu terhubung dengan jaringan internet selama di Korea agar memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan selama liburan. Anda bisa mengajak teman-teman untuk patungan menyewa Wifi supaya lebih hemat. Jika tidak ingin mengeluarkan budget tambahan, Anda bisa memakai fasilitas wifi gratis yang tersedia di berbagai tempat umum di Korea.

  1. Membawa Bekal dari Indonesia

Terkadang makanan di luar negeri kurang cocok dengan lidah Anda, apalagi harganya yang cukup menguras kantong. Sebagai solusinya, Anda bisa membawa bekal makanan tahan lama dari Indonesia seperti mie instan, kerupuk, sambal, kecap manis dan lain-lain. Namun upayakan tidak membawa bekal makanan terlalu banyak agar tidak merepotkan selama perjalanan. Meski membawa bekal, Anda juga bisa menikmati kuliner khas Korea yang enak dan murah di kedai kimbab dan street food di kawasan Myeongdong.

  1. Memilih Tempat Belanja Murah

Jika ingin belanja oleh-oleh seperti pernak-pernik lucu, kosmetik atau baju, Anda bisa mengunjungi kawasan belanja murah di Dongdaemun atau Myeongdong. Dimana kedua kawasan tersebut sering mengadakan promo besar-besaran untuk produk-produknya.

Liburan ala backpacker ke Korea bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin liburan ke luar negeri dengan budget pas-pasan. Tips-tips di atas bisa Anda terapkan dan dipersiapkan sejak sekarang agar liburan ke Korea semakin berkesan tanpa harus menunggu budget terkumpul banyak.

Add Comment