Aplikasi Teleconference di HP dan PC untuk Meeting Online

Selama pandemi Covid-19, aplikasi video teleconference mulai banyak digunakan untuk mengadakan meeting online. Langkah tersebut diambil setelah adanya aturan pemerintah yang meniadakan kegiatan perkantoran, sehingga mengharuskan untuk bekerja dari rumah (work from home) untuk meminimalisir risiko penularan virus Corona. Akibatnya, banyak aplikasi teleconference mendadak booming seketika.

Dengan banyak nya aplikasi teleconference yang ada saat ini, pastinya akan membuat Anda bingung untuk menentukan aplikasi mana yang bagus untuk meeting online. Untuk itu, kami disini hadir untuk memberikan rekomendasi aplikasi teleconference terbaik untuk meeting onilne. Berikut ulasannya.

5 Aplikasi Teleconference Terbaik untuk Meeting Online

1. Google Meet

Aplikasi besutan Google yang sebelumnya bernama Hangout Meet ini mampu untuk mengadakan video teleconference dengan jumlah peserta yang banyak. Tidak tanggung-tanggung, Google Meet mampu menampung 250 pengguna dalam sekali panggilan video.

Jadi, aplikasi ini cocok untuk perusahan-perusahaan besar yang mempunyai banyak karyawan. Orang lain dapat masuk kedalam ruangan meeting online dengan memasukan meeting code yang diberikan oleh penyelenggara percakapan video.

Akses penggunaannya sangat mudah karena Google Meet langsung terintegrasi dengan akun Google dan Gmail.

2. Facetime

Aplikasi Teleconference yang satu ini merupakan produk keluaran Apple. Dalam satu kali panggilan video Facetime mampu menampung sebanyak 32 pengguna. Namun, kekurangannya, aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh sesama produk Apple saja, seperti Ipad, Iphone, dan Macbook.

3. Discord

Apa itu Discord? Discord merupakan aplikasi voice chat gratis yang biasa digunakan sebagai alat komunikasi, selain itu Discord juga dapat mengadakan panggilan video untuk meeting online.

Sebenarnya aplikasi Discord lebih tenar di kalangan para komunitas Gamers. Sebab, Discord memungkinkan Anda untuk tetap bisa berkomunikasi sambil bermain game. Tentunya, hal itu akan membuat sensasi bermain game mu semakin seru.

Discord sendiri tersedia untuk perangkat Android, Mac, Linux, Android, IOS.

4. Zoom

Zoom merupakan aplikasi percakapan yang juga menyediakan layanan video conference gratis. Aplikasi mampu menampung sedikitnya 100 orang pengguna sekaligus dalam satu kali panggilan video dengan durasi maksimal 40 menit. Namun, jika menginkan durasi dan pengguna yang lebih banyak bisa menggunakan layanan berbayarnya.

Untuk versi berbayarnya, Zoom Meeting dapat menampung hingga 1000 pengguna dalam satu kali panggilan video conference. Layanan tersebut bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari $19.90 per bulan. Paket tersebut sudah termasuk bebas waktu penggunaan selama meeting.

Selain unggul dalam jumlah kapasitasnya, tampilan interface Zoom cukup simple. Yang menariknya, Zoom menyediakan fitur Virtual Background dimana Anda dapat mengganti tampilan background layar meeting Anda dengan gambar apapun, misalnya gambar pantai, ruangan kantor, dll. Dengan begitu sensasi meeting online Anda menjadi lebih berwarna.

5. Microsoft Teams

Dari namanya sendiri sudah kelihatan bahwa aplikasi teleconference yang satu ini besutan perusahaan besar Microsoft. Sebenarnya, Microsoft Teams (Ms Teams) merupakan pembaharuan dari Aplikasi sebelumnya, Skype. Saat ini sedang proses masa transisi dari Skype ke Microsoft Teams. Rencananya tahun 2021 ini Skype for Business akan beralih sepenuhnya menjadi Microsoft Teams.

Microsoft Teams dapat melakukan video teleconference yang mampu menampung 250 orang dalam satu panggilan video. Ms Teams mempunyai fitur share screen dimana Anda dapat memperlihatkan tampilan layar Anda kepada orang lain yang sedang ada dalam panggilan tersebut. Sama seperti Zoom, Ms teams juga dapat mengganti tampilan background layar meeting Anda.

Nah, mungkin itu tadi rekomendasi aplikasi teleconference terbaik untuk meeting online. Dari beberapa aplikasi diatas, mana aplikasi video conference yang ingin Anda gunakan? kasih tau di kolom komentar ya.

Add Comment