Alur Kerja Komputer

Komputer saat ini telah menjadi salah satu barang yang sangat penting. Hal itu dikarenakan hampir semua aktivitas dilakukan menggunakan komputer.

Terlebih dalam keadaan pandemic seperti saat ini, keberadaan komputer benar-benar dibutuhkan. Untuk kamu yang sering mengotak-atik komputer apakah sudah tahu bagaimana proses pengolahan data komputer? Bisa dikatakan pada sebuah komputer ada sebuah skema yang membuat kita bisa mendapatkan hasilnya saja.

Contohnya yaitu, ketika kita hubungkan flash disk pada komputer, maka kita bisa melihat datanya dapat disimpan dengan mudah. Tapi, banyak yang belum tahu bagaimana alur kerja sebuah komputer yang lengkap.

Penjelasan Alur Kerja Komputer

Maka dari itu, di sini akan kita bahas Seperti apa alur kerja komputer yang sering terjadi. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

1. Input

Bagian yang pertama adalah input atau bisa diterjemahkan menjadi “masukan”. Pada tahap ini merupakan bagian paling awal saat ada alur kerja komputer.

Disini awalnya ada data mentah yang belum diolah menjadi apapun. Misalnya seperti data pada flashdisk yang sudah disebutkan sebelumnya.

Tidak hanya itu, beberapa perangkat keras komputer yang sering disebut masukan atau input antara lain mouse, keyboard, scanner, dan masih banyak lagi. Benda-benda di atas masuk ke dalam input karena memang berfungsi untuk memasukan data ke komputer.

Contohnya keyboard mengetik tulisan, mouse untuk memasukkan berbagai macam item yang dibutuhkan, hingga scanner yang juga digunakan sebagai mesin memasukkan data mentah menjadi data digital.

 

2. Process

Bagian berikutnya adalah tahap process atau pemrosesan. Dibagian ini semua data yang didapatkan dari perangkat input akan diproses oleh komputer.

Bagian yang bertanggung jawab dalam proses ini bernama CPU. Pada CPU ini ada juga perhitungan dan logika yang sudah diatur sehingga datanya tidak akan ada yang hilang.

Selain itu, proses ini membuat data mentah menjadi data yang disesuaikan dengan keinginan kita sendiri. Alat-alat yang memakai proses ini lebih banyak di bagian CPU. Contohnya ialah RAM, VGA, Processor, dan masih banyak lagi.

Pada bagian ini perangkat keras tersebut bekerja sesuai dengan kapasitas yang dimilikinya. Jika dilihat dari segi waktu pun juga sangat tergantung dengan besaran data yang dimasukan. Semakin besarnya data yang dimasukan, maka akan semakin lama juga prosesnya.

 

3.Output

Bagian selanjutnya adalah output atau keluaran. Pastinya dari tahap input hingga proses pada poin sebelumnya kita membutuhkan hasilnya. Dari segi bentuknya, output itu bisa berupa data atau softcopy maupun benda nyata atau hardcopy.

Softcopy ini bisa dilihat pada layar monitor, suara, projector, dan masih banyak lagi. Sedangkan hardcopy cukup banyak dan lebih banyak ke hasil cetak seperti kertas dokumen ataupun foto.

Dari pemaparan di atas, kita bisa menebak jika alat yang menggunakan sistem output adalah printer, monitor, speaker, proyektor, dan sejenisnya. Proses output ini bisa disebut sebagai proses terakhir dalam alur kerja komputer.
Akan tetapi, sebenarnya masih ada satu lagi tahapan alur komputer yang terlewatkan. Tahapan tersebut ada di bawah ini.

 

4. Storage

Ya, tahapan ini merupakan tahapan yang bener mana terakhir yaitu storage atau penyimpanan. Semua data-data yang telah melalui proses tidak harus selamanya dibuat dalam bentuk output saja.

Nah, untuk hasil data dalam softcopy, pastinya akan disimpan dalam storage sebagai cadangan. Dengan adanya softcopy ini membuat pengguna tidak perlu membuat data dari awal lagi. Dengan demikian, waktu tentu tidak akan terbuang percuma.
Perangkat keras yang menggunakan storage ini antara lain Flashdisk, Hardisk, Server, Memory card dan masih banyak lagi.

Dengan semakin canggihnya teknologi saat ini, penyimpanan data pun bisa dilakukan melalui internet seperti penyimpanan cloud.

Itulah penjelasan alur kerja komputer yang kami kutip dari asalkata. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk kamu ya.

Add Comment